Buku Kegiatan Upacara Bendera : Upacara bendera tidak asing lagi bagi para pelajar, khususnya di Indonesia. Berdasarkan pengertian dari Direktorat Pembinaan Kesiswaan, Dikdasmen Dikbud 1998 upacara bendera adalah “Kegiatan pengibaran atau penurunan bendera kebangsaan RI Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu atau saat yang telah ditentukan, dihadiri oleh siswa, diselenggarakan secara tertib dan khidmat, di sekolah.
Buku Kegiatan Upacara Bendera
Buku Kegiatan Upacara Bendera

Upacara bendera ini, biasanya rutin dilakukan setiap hari Senin di sekolah-sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA. Selain itu, ketika peringatan hari besar di Indonesia, biasanya juga diisi dengan kegiatan upacara bendera.

Berikut ini manfaat dari upacara bendera :

1. Membiasakan disiplin
Dengan mengikuti upacara bendera, kita akan dilatih untuk tertib dan disiplin. Karena dalam upacara bendera, setiap peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib. 

2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan
Pada upacara bendera, biasanya ada jadwal bergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.

3. Membiasakan berpenampilan rapi
Ketika upacara bendera hari Senin atau hari besar yang lain, seperti hari pahlawan dan sebagainya, atribut yang khas dan wajib dipakai adalah topi.

Selain itu atribut lain seperti dasi atau sepatu harus hitam juga lebih diperhatikan di hari tersebut. Oleh sebab itu, melalui upacara bendera pula para pelajar berlatih bagaimana untuk selalu berpenampilan rapi. Layaknya penampilan,pelajar yang seharusnya.

4. Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan
Dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Menunjukkan kebersamaan selama mengikuti upacara, seluruh peserta upacara merasakan hal yang sama, wajib mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

Maka dari itu, dengan mengikuti upacara bendera sikap kompak dan kebersamaan ini benar-benar bisa dirasakan.

5. Menumbuhkan jiwa nasionalisme
Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak para pelajar. Upacara bendera ini, juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan.

Dengan demikian kegiatan upacara tidak hanya diikuti oleh siswa saja, namun setiap orang yang berperan yang bekrja di bawah naungan instansi kepemerintahan selalu mengikutinya termasuk juga bagi para guru.

Demi ketertiban administrasi untuk mendekomentasikan dalam arsif sekolah maka perlu dibuatkan agenda buku kegiatan upacara bendera. Untuk itu disini disajikan contoh format buku kegiatan upacara bendera yang bisa bapak/ibu gunakan.


Selain itu bapak/ibu guru juga bisa mendapatkan file-file yang mungkin dibutuhkan untuk melengkapi administrasi lainnya di bawah ini.



File yang lainnya di bawah ini :


    Posting Komentar

     
    Top