Panduan Umum Dewan Pendidik dan Komite Sekolah : Satuan pendidikan merupakan jantung masyarakat. Di sana anak-anak generasi muda bangsa memperoleh bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk hidup berharkat dan bermartabat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Panduan Umum Dewan Pendidik dan Komite Sekolah
Panduan Umum Dewan Pendidik dan Komite Sekolah
Untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, satuan pendidikan harus dapat menjalin kerja sama secara sinergis dengan keluarga dan masyarakat. Kerja sama secara sinergis itu diperlukan untuk menciptakan proses pengajaran dan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, agar peserta didik menjadi manusia yang berpendidikan (well-educated), warga negara yang produktif (productive citizens). Jika seluruh komponen masyarakat dapat bekerja sama untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran yang demikian, niscaya peserta didik akan berhasil dalam menempuh pendidikannya, bukan hanya dalam mencapai jenjang pendidikan yang dicita-citakan tetapi juga berhasil dalam kehidupannya.
  
Untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan peran serta keluarga dan masyarakat secara aktif dalam penyelenggaraan pendidikan, dalam era otonomi daerah sekarang ini diperlukan wadah organisasi yang mandiri, yang di dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2002 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) 2000-2004 disebut Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
  
Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah ini disusun sebagai acuan utama yang diperlukan oleh petugas sosialisasi dan fasilitasi, serta warga masyarakat peduli pendidikan untuk membentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Selain itu panduan ini dapat digunakan untuk memulai kegiatan roda organisasi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan upaya peningkatan mutu pendidikan.

Preview Panduan Umum Dewan Pendidik dan Komite Sekolah

File yang lainnya di bawah ini :


    Post a Comment

     
    Top