Bahan Belajar Mandiri Pengelolaan Kualitas KKG/MGMP : Dalam merencanakan program dan kegiatan KKG/MGMP diberikan peluang sebesar-besarnya untuk berimprovisasi sesuai dengan kebutuhan riil para guru di lapangan. Sehubungan dengan Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2008 tentang pengakuan hasil belajar sebelumnya (Recognition of Prior Learning), maka KKG/MGMP mempunyai peranan yang sangat krusial sebagai wadah dalam mengembangkan profesionalitas guru. 

Bahan Belajar Mandiri Pengelolaan Kualitas KKG/MGMP
Bahan Belajar Mandiri Pengelolaan Kualitas KKG/MGMP

Untuk itu KKG/MGMP perlu direvitalisasi dan dikelola secara profesional agar dapat menjalankan fungsi dan perannya secara maksimal. Di samping hal tersebut untuk mengetahui berbagai kelemahan, ancaman, peluang maupun kekuatan setiap KKG/MGMP perlu dilakukan analisis strategis yang disebut dengan
SWOT Analysis.

Keberhasilan Unit 1 tergantung dari ketersediaan narasumber yang berpengalaman dalam kegiatan gugus (kepala sekolah, pengawas atau ketua gugus yang berprestasi) serta kompeten dalam analisis SWOT; dan juga tergantung dari persiapan terlebih dahulu format yang disi dengan data dari Sekolah X dan Gugus Y sebagai contoh.

Peserta juga diminta membawa pada sesi ini data tentang guru dari sekolah masing masing yang telah diisikan pada Topik 2, Unit 4, Bahan Belajar Mandiri (BBM) Profil Guru.

Marilah kita simak pemaparan secara lengkapnnya tentang Pengelolaan Kualitas KKG/MGMP dengan mengklik tautan di bawah ini.


File yang lainnya di bawah ini :


    Posting Komentar

     
    Top