Panduan Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) : Pendidikan adalah suatu proses yang berlangsung seumur hidup. Dilingkungan pendidikan formal ( sekolah ) dikenal adanya jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak ( TK ), Sekolah Dasar ( SD) , Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan ( SMA / SMK ) dan Perguruan Tinggi ( PT ).
 
Tiap-tiap pendidikan memiliki cirri-ciri yang membedakan dengan jenjang pendidikan lainnya. Kekhususan ini dibutuhkan, karena cara penyampaian materi pendidikan perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis anak didik.
 
Panduan Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD)
Panduan Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD)
Adanya ciri khusus pada jenjang pendidikan, menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan di jenjang sebelumnya perlu diadaptasikan dengan belajar yang baru yang sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis anak didik. Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang itu diusahakan agar hari-hari pertama masuk sekolah adalah pengalaman yang menyenangkan bagi siswa.
 
Di SMP, SMA/SMK bagi peserta didik baru di awal tahun pelajaran secara psikologis diharapkan dalam hal kultur terjadi penyesuaian. Karena itu diusahakan agar sejak hari-hari pertama bersekolah para peserta didik baru sudah mulai berkenalan dengan lingkungan dan teman-teman sekelasnya melalui kegiatan MOPD.

Para peserta didik diharapkan dapat belajar bersama dengan siswa lainnya sehingga MOPD para peserta didik dimotivasi untuk melakukan kegiatan diskusi dengan rekan-rekannya.
 
Pada dasarnya kegiatan MOPD bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial ( termasuk norma-norma yang khusus berlaku dilingkungan sekolah barunya system pembelajaran yang berbeda ).
 
Petunjuk pelaksanaan MOPD ini merupakan upaya agar lebih memudahkan penyelenggaraan MOPD di sekolah, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi Sekolah. Petunjuk pelaksanaan ini akan lebih berarti apabila diikuti peran aktif dan kreatif semua unsur lainnya termasuk orang tua dan masyarakat dan pemerintah setempat lainnya.
 
Mudah-mudahan dengan terselenggaranya MOPD dapat membantu sekolah meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai awal pembinaan peserta didik memasuki dunia pendidikan yang baru di masa depan.

File yang lainnya di bawah ini :


    Posting Komentar

     
    Top